Minggu, 28 Februari 2010

Analisa Ekonomi Indonesia 1 Maret 2010

Highlight:

Indonesia: USD/IDR terkoreksi setelah libur panjang sejak Jum'at lalu. Rupiah dibuka menguat 9305/15 pagi tadi dan tampak akan menembus level 9300 jika pergerakan mata uang dan bursa regional positif, didukung juga dengan positifnya bursa saham Indonesia sendiri.

Hari ini data inflasi bulan Februari akan dirilis, dimana diprediksi masih akan terkendali dibawah 4%, namun data trade balance diperkirakan akan turun melihat terdapat rebound dari sisi import. Untuk rapat dewan gubernur hari Kamis nanti, Deputi Gubernur BI telah memberikan sinyal bahwa suku bunga acuan BI masih akan bertahan di level 6.5% untuk sementara waktu ini.

US: data existing home sales turun 7.2% pada bulan Januari setelah pada bulan Desember lalu turun 16.2%. Penurunan ini merupakan rekor kedua terendah dimana annual rate untuk bulan Januari 5.05 mln jauh dibawah ekspektasi dibandingkan rate revisi 5.44 di bulan Desember dan 6.49 di bulan November. Hal ini menunjukkan masih lemahnya pasar tenaga kerja di Amerika.

Wall Street ditutup menguat pada Jum'at lalu, dengan turunnya USD terhadap sekeranjang mata uang membuat saham-saham dari eksportir naik. Kenaikan bursa saham dikomandani oleh saham-saham berbasis keuangan dan industri. Berturutturut hasil saham Dow Jones, S&P500, Nasdaq ditutup +0.04%, 0.14%, 0.18%.

Australia: Hasil survey 14 dari 19 economist, menyatakan RBA akan menaikkan suku bunga acuannya pada rapat dewan gubernurnya besok, dari 3.75% saat ini, menjadi 4%. Hal ini didukung dari data ekonomi yang menunjukkan pertumbuhan cukup baik, kemungkinan terbaik dalam kurun waktu 1.5 tahun terakhir pada kuartal keempat tahun lalu. GDP Australia naik 0.9% pada kuartal keempat, dan 2.4% dari tahun sebelumnya.

Jepang: data dari sector riil menunjukkan adanya peningkatan kinerja, antara lain output sector manufaktur, pertambangan dan utility. Peningkatan kinerja ini mensinyalkan adanya proses recovery ekonomi yang cukup stabil dan dapat berakibat positif untuk penguatan mata uang negeri matahari terbit itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 Forex Daily Report | pasangiklan.net. All Rights Reserved. Powered by Blogger and sponsor by Hosting Murah .