Rabu, 24 Februari 2010

Harian Analisa Ekonomi 24 FEB 10

Highlight:

Indonesia: Hingga akhir bulan pergerakan USD/IDR terlihat masih akan cukup stabil di range 9290-9350, namun berpotensi untuk tes kembali ke level 9250 bulan depan, melihat kekhawatiran investor akan kondisi Yunani sudah lebih berkurang, dilandasi oleh setujunya EU untuk membantu Yunani mengatasi masalahnya. Rupiah ditutup pada level 9300/9305 pada perdagangan kemarin dengan pergerakan yang tipis, hanya sekitar 20-25bps saja.

IHSG ditutup menguat 0.76% pada perdagangan kemarin di level 2583.65. Tercatat 111 saham naik, 49 saham turun, dan 79 saham tidak mengalami perubahan harga. Namun pada pembukaan hari ini, IHSG kembali terkoreksi kelevel 2563.36, sebagai imbas dari penutupan bursa saham Wall Street semalam yang negative. Zona merah juga menjadi teritori sebagian besar bursa regional pada pembukaan hari ini.

US: Data consumer confidence yang turun menjadi -50 semalam, menusuk risk appetite investor, tercermin dari minusnya performa bursa saham Amerika, yang merupakan merupakan koreksi terburuk dalam 3 minggu terakhir. Dow Jones, S&P500, dan Nasdaq ditutup masing-masing 1%, 1.2%, 1.3%.

Eurozone: Saham-saham di Eropa juga berakhir di teritori negative menyusul turunnya consumer confidence di Amerika. Penurunan saham juga dipicu oleh buruknya performa saham-saham sector perbankan. Index FTSEurofirst 300 berakhir -1.3% pada level 1010.29. Belum cukup, data business sentiment Jerman (IFO) juga turun untuk pertama kalinya sejak setahun terakhir, yang ikut menyumbang hari buruk di lantai bursa.

Australia: Pergerakan mata uang negeri kangguru itu sedikit tertahan pada pembukaan hari ini, dipicu oleh berita baru di Cina yang akan melakukan pengecekan pemberian kredit kepada pemerintah daerahnya. Hal ini diyakinisebagai bagian dari langkah CIna mengetatkan kebijakan moneternya. Cina merupakan partner terbesar Australia, dan merupakan pembeli terbesar dari produk komoditi Cina, sehingga adanya kebijakan pengetatan moneter akan berakibat negative untuk Aussie.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 Forex Daily Report | pasangiklan.net. All Rights Reserved. Powered by Blogger and sponsor by Hosting Murah .