Minggu, 28 Februari 2010

Analisa Ekonomi Indonesia 25 Feb 2010

Highlight:

Indonesia: Rupiah dibuka melemah pada sesi pembukaan hari ini pada level 9335/9345, terseret oleh penutupan NDF untuk satu bulannya yang di 9392 semalam. Terlihat permintaan akhir bulan dari corporates juga ikut menandai naiknya USD/IDR. Sementara itu IHSG ditutup melemah 0.2% ke level 2579.4 kemarin, dipicu oleh sentiment konsumen yang melemah di Amerika sehingga mengkoreksi risk appetite dari investor.

Deputi Gubernur BI menyatakan tingkat inflasi Indonesia nampak masih akan terkendali hingga H1 2010, dan untuk bulan Februari ini terlihat inflasi akan lebih rendah dibandingkan bulan Januari. Faktor mata uang rupiah yang bergerak cenderung stabil dan juga harga beras yang sudah terkontrol bisa menjadi penyumbang turunnya tingkat inflasi.

Bank Indonesia akan melakukan rapat dewan gubernur bulanannya pada tanggal 4 Maret mendatang, dengan ekspektasi suku bunga acuan akan ditahan di 6.5%

US: Data penjualan rumah baru di Amerika turun sebesar 11.2% MoM menjadi 309K unit, yang merupakan data terendah selama ini, membuat saham-saham property turun. Namun Wall Street berakhir positif , dipicu oleh janji Bernanke untuk tetap menahan suku bunganya di level rendah, yang mana akan mengundang investor untuk mendapatkan cheap money dan diharapkan akan memicu pertumbuhan ekonomi. Saham-saham perbankan yang selama ini menikmati rate pinjaman yang murah, merupakan pemimpin dari naiknya saham di Amerika. Berturut-turut Dow Jones, S&P500, dan Nasdaq ditutup menguat 0.89%, 0.97% dan 1.01%

Yunani: Lembaga pemeringkat kredit S&P menyatakan kemungkinan diturunkannya rating kredit Yunani 1 atau 2 poin dari BBB+ dalam satu bulan kedepan, melihat lemahnya kondisi ekonomi mereka dan juga resiko politik dari reformasi fiscal yang akan dilakukan.

Australia: Data investasi bisnis menunjukkan kenaikan cukup signifikan sebesar 5.5% pada kuartal 4 tahun lalu, jauh diatas ekspektasi sebesar 1.5%. Hal ini dapat berakibat positif terhadap pergerakan mata uang AUD/USD yang sementara ini masih bergerak cukup stabil sambil menunggu rapat RBA tanggal 2 Maret mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 Forex Daily Report | pasangiklan.net. All Rights Reserved. Powered by Blogger and sponsor by Hosting Murah .